Informasi perkembangan peserta didik memang penting bagi setiap guru atau pendidik yang bersinggungan langsung maupun tidak langsung. Peningkatan kualitas murid tentu menjadi impian banyak guru dan orang tuanya (selengkapnya silakan baca Acuan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak).
Guru harus mampu menjadi pelaku kebaikan, teladan bagi anak didiknya dan juga memberikan motifasi kepada mereka untuk berbuat baik, guru bisa mencontoh sifat-sifat terpuji para Nabi dalam melakukan aktifitasnya sebagai pendidik. Simak : Belajar Calistung Sejak Dini Dapat Merusak Tatanan Otak Anak
Hendaknya pendidik menyadari bahwa anak didik bukanlah botol kosong yang siap untuk di isi, bukan sebuah robot yang hanya mematuhi program–program tertentu, atau secarik kertas yang siap untuk digunakan menulis. Anak adalah karunia tuhan yang diibaratkan sebagai tumbuhan kecil mungil indah bersemi yang perlu dirawat, diberikan pupuk sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang berharga baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.
Guru harus mampu menjadi pelaku kebaikan, teladan bagi anak didiknya dan juga memberikan motifasi kepada mereka untuk berbuat baik, guru bisa mencontoh sifat-sifat terpuji para Nabi dalam melakukan aktifitasnya sebagai pendidik. Simak : Belajar Calistung Sejak Dini Dapat Merusak Tatanan Otak Anak
Hendaknya pendidik menyadari bahwa anak didik bukanlah botol kosong yang siap untuk di isi, bukan sebuah robot yang hanya mematuhi program–program tertentu, atau secarik kertas yang siap untuk digunakan menulis. Anak adalah karunia tuhan yang diibaratkan sebagai tumbuhan kecil mungil indah bersemi yang perlu dirawat, diberikan pupuk sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang berharga baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.
Berikut 3 Strategi Cara Guru Dapat Memahami dan Mengenal Karakteristik Peserta Didik Demi Tercapainya Tujuan Belajar
- Kenalilah peserta didik lebih dalam, mengenal bukan sekedar mengetahui, mengenal merupakan proses yang harus dijalani dengan cara yang arif dan bijaksana, ia membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk lebih mengenal peserta didik, guru dapat melakukan pendekatan psikologis terhadap anak, mewawancarai, bertanya menganai hal-hal pribadi anak dapat memberikan solusi bagaimaca cara atau metode pengajaran yang harus dilaksanakan, diskusi, ceramah, Tanya jawab, inkuiri dan metode lainnya.
- Perlakukan peserta didik secara wajar dan adil. Disadari bahwa dalam satu kelas terdapat puluhan bakat, sifat, karakter yang berbeda yang perlu perlakuan dengan adil. Adil bukan berarti sama rata, guru harus memperlakukan setiap muridnya dengan bijak, membantu mereka yang perlu dibantu dengan senang hati dan penuh kasih sayang tanpa membeda-bedakan jenis kelamin, latar belakan, aspek sosial dan lain-lain. Perlakuan yang wajar dari seorang pendidik akan membawa image positif bagi guru dan semangat kebersamaan dan kekeluargaan bagi peserta didik.
- Masuki dunia mereka, dan jadilah sahabatnya yang paling baik. Untuk mengetahui bakat dan karakter anak didik seyogyanya para guru menjadi bagian dari mereka, bermain bersama seperti layaknya mereka bermain, bernyanyi, dan mejadi sahabat yang baik, sehingga peserta didik tidak merasa sungkan atau malu
![]() |
Mengenal Karakter Anak |